Senin, 11 Januari 2016

Weekend Bareng Para Pencinta Alam

Hujan deras banget plus angin kencang menghambat perjalanan pulang gua dari Malang. Visibilitas terganggu membuat laju sepeda motor gue berjalan perlahan di jalanan perbatasan antara Pasuruan-Sidoarjo. Daripada berhenti dulu nunggu hujan reda yang gak tahu kapan redanya, mending gua tancap gas aja terus. Udah pake jas hujan ini, lagian udah malem juga gua pengen cepet2 pulang, terus istirahat.

Apalagi gua sendirian nggak kayak teman gue berduaan yang sama2 dari Surabaya. Itupun gua ma mereka pulangnya pisah, gua duluan. Karna dua teman gue itu ke Batu dulu ngambil barang yang ketinggalan sewaktu malam minggu kita nginep di Diklat yang ada di kota wisata itu. Atas izin mereka dan perasaan yang gak enak gua balik duluan ke rumah. Tapi konsekuensinya jalan sendirian, ya nggak masalah sih, gua udah gede ini.

Sebelumnya gua bertiga jalannya bareng ke Malang untuk menghadiri latihan bersama PAPALAS di Diklat Arhanud Batu, tapi kumpul dulu di sekrenya di Malang. Tapi kita berencana malamnya (malam minggu) sebelum hari H nginap di salah satu Diklat yang ada di Batu, kebetulan kita akrab dengan pengelolanya. Menikmati udara kota Batu yang sejuknya berbeda jauh dengan Surabaya.

Mampir ke Alun2 Batu dulu, duduk2 di bangku taman sambil menikmati gorengan panas. Tapi, gua sempet tertipu dengan gorengan yang ada  di sana. Kirain gua combro, eh ternyata dalemnya bukan oncom tapi gula merah. Padahal tampilan luarnya mirip banget ama comro, tapi ternyata bukan. Dan waktu lagi enak2nya nongkrong, hujan pun turun membuat semua pengunjung alun2 pada ngungsi ke pojok2. Setelah cukup lama berteduh di alun2 kita pun berangkat ke Pusdiklat saat hujannya udah mereda, lalu kita bermalam di sana. Nyaman banget, daripada tidur di sekre yang kebanyakan anggota lain bermalam di sana.

Jam lima pagi kita berangkat pamit meninggalkan Pusdiklat menuju sekre Papalas di Kota Malang. Setengah tujuh berangkat lagi ke arah Batu bersama2 dengan anggota lainnya menuju Diklat Arhanud.

Seharian penuh kita belajar tentang kepencintaalaman, diantaranya tentang P3K, penanganan terhadap korban hipotermia dan cara mencegahnya. Dalam tema yang sama diajarkan juga penanganan dan pencegahan terhadap gigitan ular berbisa. Selain itu kita juga belajar tentang koordinat yang masih harus dipelajari lagi. Dengan membaca koordinat kita bisa mengetahui posisi objek dalam peta, bisa berupa orang, barang, atau tempat.

Dalam prakteknya menemukan benda melalui koordinat ini sangat seru dan menantang. Lebih menantang lagi di alam bebas nanti pada malam hari yang tanggal mainnya udah direncanakan oleh instruktur. Dan latihan membaca koordinat ini sangat berguna untuk mencari orang yang perlu bantuan pada saat berada di tengah alam yang bebas dan liar sekalipun.

20 komentar:

  1. penting banget yaaa bisa baca koordinat itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dan untungnya sekarang membaca koordinat ini cukup mudah. Hanya dgn menginstal aplikasi tertentu dr playstore kita sudah bisa menggunakannya.

      Hapus
  2. salam kenal mas BUJang terbang emang suka terbang naik pesawat ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. suka tp belum kesampaian punya sendiri aja

      Hapus
  3. Pasti banayak pengalaman seru buat orang yang suka berpetualang, salam kenal mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga. seru banget, tambah ilmu tambah banyak temen baru juga.

      Hapus
  4. Semua yang diajarkan sangat berharga kayaknya...jadi iri...mau ikutan jg..

    BalasHapus
    Balasan
    1. manfaatnya bukan buat diri sendiri aja, tp buat orang lain juga

      Hapus
  5. ah itumah bukan combro atuh bro... tapi misro (amis dijero) kalau kata orang sundamah,, berarti makanan yang memiliki manis atau dikasih gula merah didalemnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya yah, bisa jadi namanya misro tuh. aq sih gak sempet nanya ma penjualnya. tp di jawa timur masa misro..??

      Hapus
  6. Keren mas, dapat ilmu dapat asiknya juga

    BalasHapus
  7. Tulisan ini mengingatkan saya begitu ngebetnya mau masuk geologi dulu. Sayangnya gak kesampean huhu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo saya ikut ini juga cuma ketertarikan aja, karena suka camping dan mendaki gunung. tp lima tahun terakhir ini belum pernah hiking lg. :sedih

      Hapus
  8. wah seru banget yah jadi pecinta alam^^

    BalasHapus
  9. waduh duduk duduk sambil cemil gorengan panas itu yang paling maknyuss
    hehe

    BalasHapus
  10. Ini beneran Pecinta Alam kan bukan pecinta alam yang kerja'a malah merusak alam :D

    BalasHapus
  11. nah keren nih, boleh dong dibagikan ilmunya tentang mencari koordinat barang ataupun orang. mungkin ini nantinya akan bermanfaat bagi teman-teman saya yang sering lupa naruh barang

    BalasHapus
  12. Seru sekali bila brtmu tmn baru sesama pcinta alam ya gan. Bs nmbah ilmu pngetahuan...

    Tp miris skrg lbih bnyak perusak alam dr pd pcinta alam gan...
    Sayang sekali. Sudah merajuk bumi kt ni....

    BalasHapus