Kamis, 07 Januari 2016

Dompet Hilang Panik Gak Ketulungan

Lagi pusing2nya ngurusin STNK motor orang lain yang hilang di luar kesalahan gua  termasuk dengan penderitaan sebelumnya yaitu penantian selama delapan bulan untuk mendapatkan STNK aslinya, gua harus kehilangan dompet lusuh bin dekil warisan bapak gue di jalan yang buat gue kagak asing karena setiap hari gua selalu lewat jalan tersebut.

Tapi meskipun jalan tersebut nggak asing buat gue, tetep aja buat nyari dompet yang baru jatuh itu nggaklah gampang. Selain karena nggak tahu persis jatuhnya di mana, hari pun udah gelap ditambah lagi langit gerimis dan jalanan ada yang kena genangan air pula.

Komplit bener situasi gue waktu itu. Mondar mandir bolak balik dua laps di jalanan yang sama, diliatin sama orang yang sama juga yang pada nongkrong di pinggir jalan. Ditambah lagi sampai bela2in lawan arah, untung aja gak ada polisi yang nongkrong.

Akhirnya besok paginya gua putuskan lapor berita kehilangan ke polsek setempat, tapi sebelum ke polsek gua sempatkan lagi satu putaran menyusuri jalanan tempat jatuhnya dompet gue. Siapa tahu aja gue bisa membatalkan rencana kunjungan dinas gua ke polsek.

Ternyata mau gak mau gua pun berangkat ke polsek. Gua tetep gak bisa temukan dompet jelek itu. Dalam perjalanan ke polsek otak gue gak berhenti mikirin terus dompet gue yang jatuh itu. Gua yakin banget itu dompet jatuh dari saku belakang celana kain waktu perjalanan pulang dari kosan teman gue dengan kondisi yang agak terburu2. Karena sebelum meninggalkan kosan temen gue itu, gue inget menaruhnya di saku belakang, yang padahal biasanya gua selalu menaruhnya di saku depan sebelah kanan. Lalu ketika gue nyampe di kosan gue dompetnya sudah gak ada.

Bukan karena gua terlalu mendramatisir keadaan, cuma masalahnya dompet itu gak ada duitnya karena gua kalo pegang duit selalu di saku belakang sebelah kiri, nggak dimasukin ke dompet. Eh yang bikin pusing bukan itu sih. Jadi yang bikin gua pusing ini bukan cuma karena KTP, SIM, dan kartu ATM gua hilang tapi dalem dompet itu ada STNK duplikat yang mau gua tukerin sama STNK aslinya sekaligus buat sekalian perpanjangan platnomor motornya. Jadi kalo STNK duplikat ini hilang gue harus ngulang lagi bikin STNKnya dari awal dan menjalani masa percobaan STNK duplikat itu selama 6 bulan lagi. Dan belum lagi ini, yang paling bikin gua pusingin di dalem dompet itu ada eKTPnya orang lain sang pemilik motor. Jadinya lagi kalo KTPnya pemilik motor aja hilang, berarti sebelum ngurus STNK baru lagi, gue harus nunggu pemilik motor bikin KTP dulu. Lama lagi. Terus gue bingung juga nanti ngomong KTP hilang ke pemiliknya. Pasti gak enak, rasanya gua menjadi orang yang paling bersalah banget pagi itu melebihi siapapun yang punya masalah.

Habis bikin surat kehilangan mau gak mau gua pun menghadap pemilik motor, ceritain KTPnya udah gua hilangin. Emang sih, responnya nggak sampe meledak ledak juga, tapi guanya ya tetep aja gak enak, bener2 merasa bersalah banget. Akhirnya sebagai bentuk rasa tanggung jawab gue, gue pun ke polsek lagi bikinin surat kehilangan buat pemilik motor.

Meskipun dengan begitu urusan jadi kelar, tetep aja otak gue gak berhenti mikirin KTP pemilik motor yang hilang, jadi ngerepotin mereka buat bikin KTP lagi. Mana kita tahu semua, ngurus eKTP itu kelarnya sampe berabad abad. Terus gue mikirin barang2 gue yang pada hilang juga. Jadi mesti pulang kampung. 700km naik kereta, perjalanan yang lama tapi mengasyikkan sih. Seneng liat pemandangannya.

Seharian gue berusaha menyesuaikan diri dengan kehilangan barang2 penting dan berusaha menyikapinya dengan bijak. Dan akhirnya nasib pun berkata lain, sorenya dompet gua pun balik. Pemilik motor telepon gue kalo dompet gua udah ketemu, ada orang yang baik hati nemuin dompet gua lalu mengembalikannya ke alamat KTP pemilik motor yang gue pinjam. Tapi gua sedikit heran juga dan sempet menanyakannya ke pemilik motor, kok bisa ya dompet gua dianterin ke alamatnya pemilik motor...?? Kata si pemilik motor: "yaiyalah, masa mau dianterin ke rumahmu di jawa barat. Gila aja." ”Oiyaya”, tampang bloon gue ngerespon.

Gua pun berterimakasih banget, berulang2 bilang maaf ngerepotin. Tapi gak sempet bilang terimakasih sama orang yang nemu dan nganterin dompet gua.
Akhirnya gue pun lanjut lagi ngurusin STNK dan perpanjangan platnomor ke SAMSAT. no calo bro. Urus sendiri aja, udah gede.

Padahal dua jam setelah kehilangan dompet itu gue paniknya bukan main, gue sampe nangis2 meski gak sampe keluar air mata. Gue bikin aja tuh pengumuman di grup komunitas daerah di facebook, berharap banget yang nemu dompet gua baca info kehilangan gue itu. Tapi nyatanya sampai paginya gak ada respon positif sama sekali. Orang2 malah ngelike2 aja, jengkel juga gua. Orang kehilangan malah disukurin. Yaudahlah, gua lupain facebook. Dan akhirnya sekarang dompet gua kembali juga.

2 komentar:

  1. Saya juga pernah ngalamin nich...
    Bukan masalah uangnya,,,tapi kartu-kartu penting kayak ktp dan kawan-kawan..itu yang paling penting...coz suka males klo buat baru lagi..tapi syukurnya yang nemuin orang baik dan di balikin....

    BalasHapus
    Balasan
    1. terlepas dr isinya yg gak ada duitnya, sukur banget yg nemuin org baik.

      Hapus